Topik pembelajaran di Mozilla Space Jakarta

Halo teman-teman Mozilla Indonesia,

Selama ini kan kita sudah sering mengadakan kegiatan dengan berbagai macam topik di Mozilla Space Jakarta. Nah, kira-kira dari beberapa topik yang Mozilla-centric berikut ini, yang mana sih yang paling kalian ingin tahu dan adakan kegiatannya di Mozilla Space Jakarta?

  • Rust programming language
  • WebVR and WebAR
  • Web Assembly
  • Mozilla Web of thing
  • Project Common Voice
  • Pelokalan produk Mozilla
  • Firefox testing
  • Membuat addon dengan WebExtention

Kalau ada yang ingin menambahkan topik/teknologi lain dari Mozilla juga sila kasih tau saja di komentar di bawah. Monggoh…

3 Likes

wah, terima kasih sudah buat topik ini :slight_smile:

Kalo saya sedang tertarik dengan Rust, WebVR/AR dan WebExtention.

Project Common Voice dengan bahasa Indonesia juga sepertinya menarik :smiley:

1 Like

Iyanih. Kita juga kebetulan belum pernah mengadakan acara terkait project Common Voice. Kendalanya, kita belum punya format acara yang kira2 cocok sih. Kalo acara 1 atau 2 jam dan pesertanya cuma disuruh nyumbang suara, kayaknya ngebosenin. Hihi.

Ohya, Diky kalo mau ngisi tentang webVR lagi boleh loh :smiley:

Halo salam kenal, saya Edi baru gabung di discourse (dan komunitas ini) hehe.

Oh iya, untuk project common voice ini perkembangan nya gimana ya (khususnya yang bahasa indonesia)?

dan juga, sudah ada event kah di mozilla space tentang project ini? :grinning:

Halo mas Edi,

kebetulan untuk bahasa Indonesia di Common Voice, masih terkendala di pengumpulan kalimatnya. Kita sendiri masih menunggu tools yang mempermudah proses pengumpulan data kalimat tersebut. Untuk saat ini, alatnya masih dalam proses pengembangan.

Kalau tentang event, kita pernah bahas sekilas di beberapa Mozkopdar. Pernah juga mengadakan Common Voice sprint beberapa bulan lalu, namun untuk sekarang belum ada rencana lagi. Mungkin setelah ada perkembangan baru lagi dari project ini, kita bisa menjadwalkan topik ini lagi.

Untuk pengumpulan kalimatnya sendiri itu di tentukan dari temen-temen mozilla, atau kah mungkin kita bisa mengusulkan kalimatnya seperti apa?

ohh ya untuk pengembangan toolsnya ini ada link repository/thread yang membahas ini ndak ya? hehe

wah menarik sekali, semoga jika ada event lagi tentang Common Voice ini saya bisa hadir :grinning:

Kita bisa tentukan sendiri bersama-sama, mas. Mengingat Mozilla sendiri tidak punya resource untuk mendalami masing2 bahasa.

Untuk toolnya sendiri, bisa menyimak laman Discourse ini, atau bisa juga mendalami reponya secara langsung.

Semoga saja ya mas. Mungkin setelah tool sentence collection ini jadi, kita bisa mengadakan event Common Voice lagi di Mozilla Community Space Jakarta.

Komunitas ini masih aktif kah sekarang ini?

kalau bisa dilakukan di lain kota juga. Supaya semua kebagian ilmu.

Saya setuju untuk ini sih. Mungkin dari Komunitas untuk Komunitas. RUST seems promising TBH. well well Semoga bisa belajar lebih banyak

Masih, mas. Akhir-akhir ini kita bikin acara online saja paling. Kalau mau ikutan, bisa follow akun media sosial kita @mozillaIndonesia. Kita biasanya buka pendaftaran lewat Eventbrite.

Harapannya sih seperti itu. Semoga bisa mulai berkegiatan di luar kota lagi begitu pandemi ini selesai.

Dulu kita beberapa kali mengadakan kelas tentang Rust di Mozilla Community Space Jakarta. Semoga bisa bikin kelas lagi nantinya. Follow media sosial kita saja, mas, biar bisa dapat update kalau kita ngadain lagi.

Saya coba ya, beberapa kali mau ikut kadang kecepetan informasinya, biasa hari minggu kan kalau ga sabtu malam? Aku beberapa kali lihat, cuman akhir-akhir ini menjauhkan diri dari media sosial.

Terima kasih atas informasi nya

Biasanya memang weekend, tapi setau saya seringnya siang (sekitar jam 2an). Kalau mau, follow Eventbrite-nya saja biar bisa langsung dapat update kalau ada acara baru.

1 Like